Exit Tol Baru di Gedebage Segera Dibangun untuk Dukung Kereta Cepat hingga Piala Dunia U-17

- 26 Agustus 2023, 14:00 WIB
Dengan telah ditetapkannya pembangunan Tol Getaci sampai Ciamis, maka Ciamis pun akan menjadi titik akhir mega proyek Tol Getaci segmen Gedebage-Ciamis. Exit tol atau Gerbang Tol Getaci di Ciamis akan dibangun di Kelurahan Linggasari.
Dengan telah ditetapkannya pembangunan Tol Getaci sampai Ciamis, maka Ciamis pun akan menjadi titik akhir mega proyek Tol Getaci segmen Gedebage-Ciamis. Exit tol atau Gerbang Tol Getaci di Ciamis akan dibangun di Kelurahan Linggasari. /Instagram @pupr_bpjt

PRFMNEWS – Pemerintah Pusat segera membangun exit tol atau gerbang tol (GT) baru di ruas Jalan Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi) di wilayah Gedebage, Kota Bandung.

Gerbang Tol Gedebage KM 151 ruas Jalan Tol Padaleunyi adalah pintu tol baru yang dalam waktu dekat akan dibangun oleh Kementerian PUPR bersama Kemenko Marves.

Keberadaan Exit Tol Gedebage KM 151 ini akan mendukung aksesibilitas pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Pemotor Terlindas Bus TMP di Otista Bandung

Selain itu, Pintu Tol Gedebage KM 151 nantinya juga bakal menunjang aksesibilitas penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menuju dari dan ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung yang lokasinya berdekatan dengan Stadion GBLA.

Deputi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto mengatakan, saat ini progress pembangunan Exit Tol Gedebage KM 151 ruas Tol Padaleunyi sudah masuk dalam tahap pengadaan lahan dan konstruksi.

"Percepatan pembangunan exit tol KM 151 ini penting untuk Piala Dunia U-17 di GBLA. Kepemilikan tanah sebagian besar dimiliki Pemkot Bandung, PT KCIC, dan sebagian kecil milik warga," kata Septian, Jumat 25 Agustus 2023.

Baca Juga: Perekonomian Mantan Pengguna NAPZA di Bandung Dibantu Kementerian Sosial

Septian merincikan rencana total kebutuhan lahan untuk pembangunan Exit Tol KM 151 A dan B Tol Padaleunyi seluas 10,454 hektar ini terbagi atas lahan milik Pemkot Bandung seluas 1,349 hektar, lahan PT KCIC seluas 8,190 hektar, lahan milik private (PT Lanais) seluas 0,168 hektar, dan lahan milik pribadi seluas 0,747 hektar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x