Muncul Petisi Jangan Hancurkan Stasiun Cicalengka yang Bersejarah, Ditandatangani Ribuan Pendukung

- 20 Juni 2023, 20:20 WIB
Stasiun Cicalengka terancam roboh oleh agenda revitalisasi pembangunan pemerintah. / @change.org
Stasiun Cicalengka terancam roboh oleh agenda revitalisasi pembangunan pemerintah. / @change.org /



PRFMNEWS – Masyarakat mengatasnamakan pegiat Lingkar Literasi Cicalengka, Kabupaten Bandung membuat petisi online berisi penolakan dengan judul “Jangan Hancurkan Stasiun Cicalengka yang Bersejarah!”

Pegiat literasi itu bernama Hafidz Azhar, dia melayangkan petisi penolakan perobohan Stasiun Cicalengka melalui laman change.org sejak Sabtu, 17 Juni 2023.

Hingga Selasa 20 Juni 2023 sore, 1.355 orang telah menandatangani petisi penolakan perobohan Stasiun Cicalengka yang memiliki cerita sejarah tersendiri terkait Ir. Soekarno itu.

Baca Juga: KAI Klaim Kualitas Air Minum Isi Ulang yang Tersedia Gratis di Stasiun Aman Dikonsumsi

Hafidz Azhar menjelaskan alasan pentingnya petisi ini dibuat karena Stasiun Cicalengka yang diresmikan 10 September 1884 silam itu menyimpan berbagai memori kolektif jejak para tokoh bangsa, sehingga bukanlah sekedar bangunan tua saja.

Beberapa memori sejarah itu, tulis Hafidz, yaitu saat presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno ditangkap di Yogyakarta pada tahun 1929, ia berhenti di Cicalengka untuk dibawa ke penjara Banceuy.

Selain itu, Douwes Dekker pernah menyinggahi Stasiun Cicalengka pada tahun 1918.

Arsitek Wolff Schoemaker pun pernah menjejaki Stasiun Cicalengka ketika akan menyampaikan ceramah di Pesantren Fathul Khoer.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Jabar Instansi Pertama Permanenkan Work From Anywhere di Indonesia

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x