Asal Usul dan Filosofi Nama “Braga Beken”, Buah Ide dari Sosok Dosen Agar Kota Bandung Makin Keren

- 6 Mei 2024, 04:00 WIB
Rahmat Lazuardi, pencetus nama Braga Beken, nama yang digunakan untuk program Braga Bebas Kendaraan
Rahmat Lazuardi, pencetus nama Braga Beken, nama yang digunakan untuk program Braga Bebas Kendaraan /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – “Braga Beken” resmi menjadi nama untuk kawasan Jalan Braga Bebas Kendaraan yang telah diujicobakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pada Sabtu-Minggu, 4-5 Mei 2024. Nama itu juga telah diresmikan Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono, Sabtu 4 Mei 2024.

Sebelum resmi bernama Braga Beken, kawasan Jalan Braga Bebas Kendaraan awalnya disebut sebagai Braga Free Vehicle. Asal-usul penamaan Braga Beken yang merupakan singkatan Bebas Kendaraan ini tak lain merupakan hasil dari sayembara yang digelar Pemkot Bandung.

Rahmat Lazuardi, adalah nama pemenang sayembara penamaan Braga Beken yang kini resmi dipakai untuk nama program inisiatif Pemkot Bandung itu. Lantas, bagaimana cerita di balik asal usul penamaan Braga Beken dan apa makna filosofis yang terkandung di balik nama tersebut?

Baca Juga: Polisi Sebut Arus Lalu Lintas di Pusat Kota Bandung Lancar saat Braga Bebas Kendaraan Digelar

Asal-usul penamaan Braga Beken berawal dari Pemkot Bandung menggelar sayembara pemberian nama untuk kawasan Jalan Braga Bebas Kendaraan melalui akun Instagram @humas_bandung.

Hasilnya, ada 745 komentar usulan nama untuk kawasan Braga Free Vehicle. Dari total tersebut, disaring 10 nama yang kemudian didiskusikan dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat.

Akhirnya, Braga Beken pun terpilih sebagai nama baru untuk kawasan ini. Di balik nama tersebut, ada salah satu pencetus idenya, yakni Rahmat Lazuardi.

Baca Juga: Semoga Braga Bebas Kendaraan Bisa Setiap Hari, Kata Pencetus Nama Braga Beken

Ia memang bukan satu-satunya yang mengusulkan nama ini. Namun, berdasarkan data komentar masuk di Instagram @humas_bandung, ia tercatat sebagai pemberi ide nama yang lebih awal meninggalkan komentar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah