PLN Pastikan Insiden di PLTA Bengkok Tidak Sebabkan Gangguan Pasokan Listrik

- 16 Mei 2023, 19:06 WIB
PLN Pastikan PLTA Bengkok sudah beroperasi normal lagi.
PLN Pastikan PLTA Bengkok sudah beroperasi normal lagi. /dok PT PLN

PRFMNEWS - PLN memastikan PLTA Bengkok Dago, Bandung yang sempat mengalami insiden kebakaran turbin kini sudah beroperasi kembali.

Senior Manager Unit PT PLN Indonesia Power Saguling, Lukman Nulhakim mengatakan, gangguan yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bengkok berkapasitas 3,2 megawatt (MW) ini tidak berdampak pada pasokan listrik ke pelanggan.

PLTA Bengkok saat ini sudah mengalirkan kembali listrik ke sub sitem kelistrikan Bandung.

Baca Juga: KEBAKARAN di PLTA Bengkok Dago Malam Ini, Diduga Berasal dari Turbin

“Saat terjadi gangguan pada mesin pembangkit ini sempat mengeluarkan asap. Operator yang bertugas secara sigap memadamkan kepulan asap tersebut menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta langsung melakukan perbaikan. Reaksi cepat itu berhasil menghindarkan pembangkit dari kerusakan yang lebih besar,” kata Lukman.

Ia menegaskan, sistem teknologi yang dimiliki PLN di PLTA Bengkok memastikan secara otomatis melakukan manuver atau pengalihan distribusi listrik ketika ada gangguan.

“Karena sudah terdigitalisasi, sistem kelistrikan PLN secara otomatis akan melakukan manuver atau pengaturan pengalihan distribusi listrik sehingga gangguan di PLTA Bengkok tidak menyebabkan gangguan pada kelistrikan pelanggan,” ucapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sepakati Kerja Sama Pemprov Jabar-PLN Hadirkan Listrik Tenaga Sampah di PLTSa Legok Nangka

Sebelumnya, insiden turbin PLTA Bengkok mengeluarkan api terjadi pada Senin 15 Mei 2023 malam sekitar pukul 21.38 WIB. Diskar PB yang menerima laporan langsung meluncur ke lokasi dan penanganan selesai pada pukul 22.40 WIB.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x