Kecamatan Astanaanyar Bandung Sulap Lahan Gang untuk Hadirkan Saskia Gotik yang Bermanfaat

- 5 Oktober 2022, 15:30 WIB
Gang di Astananyar Kota Bandung yang terapkan Urban Farming yang dinamai Saskia Gotik (Sama-sama Kita Abadikan Gang tematik).
Gang di Astananyar Kota Bandung yang terapkan Urban Farming yang dinamai Saskia Gotik (Sama-sama Kita Abadikan Gang tematik). /Diskominfo kota Bandung/

PRFMNEWS - Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung menerapkan konsep urban farming dengan memanfaatkan lahan di gang untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Program memanfaatkan lahan di gang untuk urban farming di Astanaanyar Bandung ini diberi nama Saskia Gotik (Sama-sama Kita Abadikan Gang tematik).

Program ini merupakan pemanfaatan konsep urban farming untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga melalui pemanfaatan lahan di gang.

Melalui Saskia Gotik ini sejumlah gang yang terletak di Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar disulap menjadi lahan penanaman berbagai sayuran.

Baca Juga: Termasuk Buruan SAE, 6 Poin Hasil Konferensi Urban 20 Akan Disampaikan Ridwan Kamil di Presidensi G20 Bali

Uniknya, di setiap gang-gang ini ditanami dengan jenis sayuran yang berbeda sesuai tema berbeda. Seperti ada gang jahe, kunyit, stroberi, pandan, terong, cabe, sereh, pakcoy hingga bunga telang.

Camat Astanaanyar Syukur Sabar mengatakan program Saskia Gotik dimulai sejak tahun 2012. Berawal dari kegiatan PKK yang memanfaatkan lahan kosong untuk urban farming seluas 100 meter persegi.

"Kami bantu bibit, sekam dan tanah. Akhirnya berkembang di program PIPPK kita masukan untuk penanaman di atas drainase, ditutup dengan besi beton sampai dibantu dari kementerian pertanian," ujarnya.

Kemudian, kegiatan tersebut berlanjut ke gang-gang. Diawali dengan gang tema Jahe Merah. Kegiatan ini berhasil dan akhirnya diikuti dengan berbagai tema lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x