Kadin Kota Bandung Sarankan Pemkot Perbesar Anggaran Ekonomi Kreatif

- 15 Juni 2022, 20:01 WIB
Audiensi Kadin Kota Bandung dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung pada Rabu, 15 Juni 2022.
Audiensi Kadin Kota Bandung dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung pada Rabu, 15 Juni 2022. /Tommy Riyadi/PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bandung menyarankan Pemerintah Kota Bandung untuk memperbesar alokasi anggaran ekonomi kreatif.

Wakil Ketua Kadin Kota Bandung Bidang Industri Kreatif dan Digitalisasi Chairul Yaqin Hidayat mengatakan, porsi anggaran ini akan mengikuti besarnya potensi pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung sekaligus memenuhi amanat Perda Kota Bandung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif.

“Karena ini perda baru, saya menyarankan kepada wali kota agar kalau bisa anggarannya ulah kagok, besar sekalian. Karena potensi sumber daya dan pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung ini sangat besar sekali,” katanya seusai audiensi Kadin Kota Bandung dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Balai Kota Bandung pada Rabu, 15 Juni 2022.

Ditakan Chairul, Kadin Kota Bandung sebagai mitra strategis Pemkot Bandung mengapresiasi lahirnya perda baru yaitu Perda Kota Bandung No. 1 Tahun 2021 tentang Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif sebagai pedoman terbentuknya ekosistem kreatif dan digital yang kuat.

Baca Juga: Estimasi Keberangkatan Haji Sampai 90 Tahun, Ini Penjelasan Kemenag

Selain menyasar sektor ekonomi kreatif baru dari ruang digital, Chairul menekankan pentingnya perda ini untuk melindungi pelaku ekonomi yang berupaya menyintas zaman seperti sentra ekonomi jeans Cihampelas atau produk sepatu Cibaduyut.

“Mereka ini dulu ikonik Bandung, maka butuh cari solusi. Sentra-sentra itu toko fisik. Toko digitalnya ada. Dua-duanya harus jalan. Itu yang harus diterobos karena zamannya sudah digital,” kata mantan calon wakil wali kota Bandung 2018 itu.

Yang terpenting, kata dia, perda ini harus menjadi pengikat komitmen pemerintah dengan pengusaha untuk mendorong potensi ekonomi merambah global.

Ia mengajak Pemkot Bandung mengambil contoh dari negara Korea Selatan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x