Ketua DPRD Kota Bandung Kagumi Kiprah Petani Muda Pembudi Daya Anggur Ukraina

- 22 Januari 2022, 15:00 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan bertemu dengan petani muda pembudi daya anggur Ukraina, Jumat 21 Januari 2022
Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan bertemu dengan petani muda pembudi daya anggur Ukraina, Jumat 21 Januari 2022 /DPRD Kota Bandung.

PRFMNEWS - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Tedy Rusmawan meninjau lokasi budi daya anggur skala pekarangan rumah yang diinisiasi seorang petani milenial, Bayu Anggara, di Jalan Cipadung, RT 03 RW 13, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jumat 21 Januari 2022.

Dalam kunjungan itu, Tedy mengaku takjub dengan hasil budidaya yang dilakukan oleh Bayu.

Petani muda ini mampu memanfaatkan pekarangan rumahnya yang tidak terlalu luas sebagai ruang potensi usaha yang memiliki nilai ekonomis luar biasa, karena yang dibudidayakan adalah anggur impor dari Ukraina.

Tedy pun tampak terkejut saat mengetahui Bayu mempelajari ilmu dan teknik budi daya hanya berdasarkan hasil pembelajaran otodidak.

Baca Juga: Fakta Pelaku Vandalisme di Babakan Siliwangi, Usia 19 Tahun dan Mencoretkan 'GONB' di Tembok

Apalagi pemuda berusia 27 tahun tersebut tidak pernah mengenyam bangku perguruan tinggi, dan merupakan korban PHK perusahaannya akibat situasi pandemi Covid-19.

"Setelah saya dirumahkan oleh perusahaan tempat saya dulu kerja dari Januari 2021, saya awalnya coba-coba mengisi waktu luang dengan mempelajari pertanian, dan waktu itu yang kepikiran kenapa enggak anggur saja, karena selain harga jualnya lumayan, terus jarang juga yang budi daya anggur, apalagi di daerah sini enggak ada yang budi daya anggur," ujarnya, saat berbincang dengan Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan.

Bayu menjelaskan, selain mempelajari secara otodidak dengan memanfaatkan informasi digital di YouTube, dirinya pun belajar dari para petani anggur lainnya yang tergabung dalam wadah komunitas.

Awalnya ia merasakan kesulitan dalam proses pembudidayaan, terlebih anggur bukan buah endemik Indonesia, dan yang coba ia kembangkan adalah jenis anggur impor.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x