Sukses Tingkatkan Kinerja, Perumda Tirta Raharja Kabupaten Bandung Kembali Dapat Dana Hibah dari Australia

- 10 Mei 2024, 07:30 WIB
Duta Besar Australia untuk Perubahan Iklim, Kristin Tilley bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Dirut Perumda Air Minum Tirta Raharja, A. Teddy Setiabudi dalam kegiatan penyerahan dana hibah HAMBK di Kantor Perumda Air Minum Tirta Raharja, Jl. Kol. Masturi Kelurahan Cipageran Kota Cimahi, Ra
Duta Besar Australia untuk Perubahan Iklim, Kristin Tilley bersama Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Dirut Perumda Air Minum Tirta Raharja, A. Teddy Setiabudi dalam kegiatan penyerahan dana hibah HAMBK di Kantor Perumda Air Minum Tirta Raharja, Jl. Kol. Masturi Kelurahan Cipageran Kota Cimahi, Ra /Yuwana Kurniawan /Metro Jabar

PRFMNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja kembali mendapatkan dana Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (HAMBK) dari Pemerintah Australia. Tahun 2024 ini, Perumda Tirta Raharja mendapat bantuan dana hibah Rp10,2 miliar.

Pemberian dana hibah Rp10,2 miliar ini disampaikan Duta Besar Australia untuk Perubahan Iklim Kristin Tilley kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna di Kantor Perumda Air Minum Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cipageran, Kota Cimahi, Rabu 8 Mei 2024.

Bupati Dadang Supriatna mengungkapkan, Perumda Tirta Raharja sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Australia dengan jumlah yang terus meningkat berkat perhatian dari Kedutaan Besar Australia melalui pelaksanaan kegiatan kampanye perubahan iklim.

"Alhamdulillah, kita sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan bantuan hibah dari Kedubes Australia dari tahun 2021, 2022, 2023, dan 2024, yang totalnya selama tiga tahun tersebut sudah mencapai sekitar Rp13,1 miliar," ungkap Bupati Bandung.

Baca Juga: Warga Bandung Keluhkan Tagihan PDAM yang Tiba-tiba Naik Nyaris 7 Kali Lipat

Bupati Dadang menjelaskan nominal dana hibah tersebut semakin naik setiap tahunnya karena Perumda Tirta Raharja terus berupaya meningkatkan kinerja khususnya fokus dalam memenuhi 11 indikator yang menjadi persyaratan untuk penerimaan dana hibah dari Pemerintah Australia tersebut.

Bupati yang akrab disapa Kang DS itu merincikan, pada tahun 2021, dana hibah berbasis kinerja tersebut sebesar Rp720 juta. Kemudian pada 2022 sebesar Rp435 juta, berlanjut 2023 naik menjadi Rp1,722 miliar, dan pada 2024 kembali naik signifikan menjadi Rp10,293 miliar. Dana tersebut diterima Pemkab Bandung melalui kas daerah.

"Saya haturkan terima kasih kepada Kedubes Australia, karena melalui program Kemitraan Indonesia-Australia untuk Infrastruktur (KIAT) ini bantuan hibah berbasis kinerja kepada Perumda Tirta Raharja terus meningkat signifikan setiap tahunnya," ungkapnya.

"Terima kasih juga kepada jajaran Perumda Tirta Raharja karena sudah menunjukan prestasi terbaik kinerjanya selama ini, baik dalam pelaksanaan program kerjanya, termasuk pertanggungjawabannya, sehingga setiap tahunnya terus mendapat kepercayaan dari Pemerintah Australia dalam rangka menyikapi perubahan iklim," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah