Pemkot Bandung Perbolehkan Jenazah yang Dimakamkan di TPU Khusus Covid Dipindah, Begini Syaratnya

- 16 Maret 2021, 16:37 WIB
Petugas pemakaman jenazah Covid-19 Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 26 Januari 2021.
Petugas pemakaman jenazah Covid-19 Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 26 Januari 2021. /Pikiran-rakyat.com/Armin Abdul Jabbar/


PRFMNEWS - Pemerintah Kota Bandung memperbolehkan keluarga memindahkan jenazah yang dimakamkan di TPU khusus Covid-19 di Cikadut, jika ternyata terbukti negatif Covid-19.

Namun ada sejumlah ketentuan dan prosedur yang harus ditempuh sebelum keluarga atau ahli waris memindahkan jasad yang telah dikebumikan di TPU Cikadut itu.

Kepala Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Bambang Suhari mengatakan, pemindahan jenazah sudah lumrah dilaksanakan, tapi mengingat situasi pandemi maka ada beberapa persyaratan tambahan.

Baca Juga: Selama 1 Tahun Pandemi, Dinsosnangkis Kota Bandung Perbaiki Data Warga Miskin dan Tidak Mampu

Baca Juga: Motif Pelaku Pembongkar Makam Jenazah Covid-19 di Parepare: Mimpi Korban Minta Dipindahkan Makamnya

Hal ini sekaligus menanggapi terkait adanya 153 jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut kemudian dipindahkan oleh pihak keluarga atau ahli waris.

Syarat pertama yang harus dilengkapi adalah surat keterangan dari rumah sakit yang menyatakan jenazah telah negatif tidak terpapar Covid-19.

“Kalau yang Covid harus ada surat keterangan dari rumah sakit sebelumnya yang menyatakan bahwa jenazah tersebut adalah negatif Covid. Nah kalau yang positif Covid tidak oleh dipindahkan,” ujarnya, Selasa 16 Maret 2021.

Baca Juga: KPK Geledah Rumah dan Kantor Bupati Bandung Barat Aa Umbara

Baca Juga: NYARIS Tertabrak, Pengendara Motor Ini Nekat Terobos Perlintasan KA Nagreg

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x