DPRD Kota Bandung : 50 Puskesmas Dioptimalkan Menjadi Poliklinik

- 10 Maret 2021, 22:34 WIB
Komisi D DPRD Kota Bandung melakukan rapat kerja bersama Dinas Kesehatan Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa 9 Maret 2021
Komisi D DPRD Kota Bandung melakukan rapat kerja bersama Dinas Kesehatan Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa 9 Maret 2021 /Dok DPRD Kota Bandung.

PRFMNEWS - Kota Bandung tercatat memiliki 80 Puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan.

Walau demikian, sebaran Puskesmas di Kota Bandung masih belum merata di tingkat kelurahan.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Aries Supriyatna mengatakan, pelayanan kesehatan puskesmas di Kota Bandung perlu dimaksimalkan.

Baca Juga: Kesaksian Warga Terkait Kecelakaan Bus di Wado Sumedang : Ambulans Mondar-mandir di Lokasi Kejadian

Baca Juga: Ikut Vaksinasi Covid-19 untuk Kalangan Lansia, Aher : Tidak Sakit Sama Sekali

Aries menjelaskan, dari sekitar 80 puskesmas tersebut, 30 di antaranya didorong untuk menjadi Puskesmas yang ideal. Sementara 50 puskesmas lainnya diubah menjadi poliklinik.

“30 puskesmas ini kita maksimalkan fungsi dan peran preventif dan promotif, dalam penguatan kualitas kesehatan di masyarakat,” ujarnya, pada Rapat Kerja Komisi D DPRD Kota Bandung bersama Dinas Kesehatan Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Selasa 9 Maret 2021.

Aries mengatakan, untuk 50 puskesmas yang menjadi poliklinik itu akan difokuskan untuk meningkatkan fungsi kuratif, rehabilitasi, dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

“Jadi puskesmas itu selain peran preventif dan promotif, juga mengkoordinir pelayanan kesehatan di masing-masing wilayah, sebelum ke tingkat dinas,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: DPRD kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x