Luhut: Ada Kenaikan Kasus Corona Saat Libur Panjang Kemarin, Tapi Tidak Tinggi

- 13 November 2020, 12:37 WIB
MenteriMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.
MenteriMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. /Dok Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

PRFMNEWS - Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengungkapkan, terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 saat momen libur panjang akhir Oktober lalu, tapi tidak setinggi libur panjang sebelumnya pada Agustus 2020.

Provinsi tertinggi peningkatan kasus virus corona saat libur panjang kemarin adalah Jawa Tengah sebanyak 49 persen, disusul Jawa Barat 41 persen, DKI Jakarta 14 persen, dan Jawa Timur meningkat 5 persen.

"Namun, hingga hari ini tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di keempat provinsi tersebut cukup terkendali yakni di bawah 65 persen," ujar Luhut dalam rilis, Kamis 12 November 2020.

Baca Juga: Alasan RUU Larangan Minuman Beralkohol: Minol Bisa Buat Fisik, Mental, dan Pikiran Rusak

Khusus Jawa Barat, Luhut memberikan catatan terkait laporan operasi yustisi 3M yang menurun 16 persen dari asalnya 160,9 ribu menjadi 135 ribu, sehingga wajar ada peningkatan kasus positif hingga 41 persen.

Untuk itu, mengingat masih ada potensi peningkatan jumlah kasus dalam beberapa minggu mendatang, Luhut meminta para kepala daerah memastikan ketersediaan ruang ICU dan tempat isolasi terpusat.

“Dirjen Yankes, Dirjen Farmalkes (Kementerian Kesehatan RI) mohon pastikan ketersediaan obat dan alat di rumah sakit rujukan agar angka kematian dapat ditekan,” tuturnya.

Baca Juga: Tito Karnavian: Pilkades 2020 Ditunda Karena Darurat Bencana Pandemi Covid-19

Selain itu, untuk menekan terjadinya penularan di dalam rumah, Pemerintah Daerah juga perlu terus mendorong penggunaan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien bergejala ringan atau tidak bergejala. Luhut meminta Kementerian Kesehatan menyusun pedoman tertulis tentang isolasi terpusat yang dapat diikuti oleh pemda.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x