Mahasiswa Unpad Meninggal Tersambar Petir, Simak 7 Cara Aman Hindari Petir Saat Hujan

- 24 Februari 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi petir
Ilustrasi petir /pixabay.com/@wkidesign

PRFMNEWS – Sambaran petir mengakibatkan dua mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) meninggal dunia pada Jumat, 23 Februari 2024 malam. Kedua korban meninggal usai disambar petir di Bumi Perkemahan Batu Kuda Manglayang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Identitas dua mahasiswa Unpad yang meninggal akibat tersambar petir saat berkemah ini adalah Mitzelion Rayi Adimastya Putra (21 tahun) yang merupakan Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Angkatan 2021 dan Bangkit Alyuda Prasetyo (21 tahun), mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Angkatan 2022.

Ancaman sambaran petir memang bisa saja menimpa siapapun dan di mana pun apalagi ketika kondisi cuaca ekstrem yang memicu intensitas hujan tinggi disertai petir. Terlebih bagi mereka yang sedang berada di area terbuka atau luar ruangan.

Baca Juga: Dua Mahasiswa Unpad Meninggal Dunia Usai Tersambar Petir saat Kemping

BMKG berbagi tips aman mencegah tersambar petir yang bisa diterapkan masyarakat ketika terjebak di guyuran hujan deras disertai geledek saat berada di luar ruangan seperti lapangan, sawah, kolam renang, atau di dalam mobil atau tengah mengendarai sepeda motor di jalan.

Melansir unggahan di akun resmi Instagram BMKG, berikut ini tujuh cara untuk menghindari petir saat musim hujan:

1. Jika sudah mendengar suara guntur, segera masuk ke dalam ruangan atau rumah, namun jika Anda sedang berada di luar rumah segeralah masuk ke dalam mobil atau bangunan publik terdekat.

Baca Juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Pegawai Tetap 2024 Bagi Lulusan SMK-S1 untuk 16 Posisi

2. Apabila Anda berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh dari kolam, karena sambaran petir dapat menghantarkan energi ke air.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x