Proyek ART Kereta Canggih Tanpa Rel di IKN, Menhub: Mungkin Dibangun di Kota Besar Indonesia

- 25 Januari 2024, 19:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 24 Januari 2024
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu 24 Januari 2024 /Dok Kemenhub

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan update rencana pembangunan proyek Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN). ART merupakan kereta canggih yang berjalan tanpa rel buatan China.

Menhub memastikan kereta canggih ART akan dibangun di IKN usai bertemu dengan pihak Railway Construction Corporation Limited, perusahaan China yang juga mengerjakan proyek Kereta Cepat Whoosh dalam kunjungan kerjanya beberapa waktu lalu.

"Insyaallah Kereta Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur," ujar Menteri Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Kamis 25 Januari 2024.

Baca Juga: Pencuri Beraksi di Cimahi, Dua Motor Hilang Sekaligus

Pembangunan rute ART, imbuh dia, akan dilakukan dalam 2 fase sesuai hasil koordinasi dengan Badan Otoritas IKN dan Kementerian PUPR. Menurut target, sebagian rute ART sudah selesai dibangun dan dapat digunakan di IKN pada bulan Agustus 2024.

Budi Karya menjelaskan, cara kereta ART beroperasi meski tanpa rel dan aliran listrik atas yakni menggunakan sumber energi baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Kapasitas ART dalam sekali perjalanan dapat menampung total 324 penumpang yang terdiri atas 2 gerbong dengan kecepatan operasional 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam.

Baca Juga: TPA Sarimukti Dibatasi, Kafe dan Restoran di Kota Bandung Diminta Zero Waste

Budi Karya yang sudah menjajal langsung menaiki ART menyebut kereta canggih yang beroperasi dengan rel virtual ini akan menjadi salah satu transportasi andal di IKN, dan mungkin saja menjadi transportasi masa depan di kota-kota besar Indonesia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x