Menanti Stasiun Kereta Cepat Karawang Beroperasi, Berapa Tarif Tiket Whoosh Rute Bandung-Karawang?

- 18 Januari 2024, 18:00 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh.
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. /prfmnews/Dedy Mullyana

PRFMNEWS – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyampaikan Stasiun Kereta Cepat Karawang, Jawa Barat, akan dibuka untuk beroperasi melayani naik dan turun penumpang Whoosh ketika pembangunan akses jalan tol menuju stasiun tersebut sudah selesai dikerjakan Kementerian PUPR.

PT KCIC juga mengungkap bocoran tarif tiket perjalanan Whoosh ke Karawang dari stasiun yang berada di wilayah Bandung yakni Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Kabupaten Bandung, dan Stasiun Kereta Cepat Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Serta harga tiket untuk rute Stasiun Halim, Jakarta Timur, ke Karawang.

Terkait pengoperasian Stasiun Kereta Cepat Karawang, Manajer Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) untuk mempercepat pembangunan akses jalan tol.

Baca Juga: Pelayanan Pemakaman dan Pengantaran Jenazah di Kota Bandung Digratiskan

Emir masih belum bisa memastikan lebih detail terkait bulan maupun tanggal berapa Stasiun Kereta Cepat Karawang akan resmi dioperasikan untuk melayani penumpang Whoosh dari arah Jakarta maupun Bandung.

"Untuk Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang memang saat ini masih belum dioperasikan, karena saat ini masih dalam tahap persiapan pembukaan akses ke jalan tol. Tapi untuk targetnya kita masih koordinasi dengan Kementerian PUPR juga dengan Kemenko Marves terkait kapan akses menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh di Karawang ini dapat ditingkatkan," kata Emir, Kamis 18 Januari 2024.

Lebih lanjut Emir menjelaskan, waktu tempuh dari Stasiun Halim menuju Stasiun Karawang hanya memakan waktu 10 sampai 15 menit dengan ketepatan waktu keberangkatan Kereta Cepat Whoosh yang mencapai 99,9 persen.

Baca Juga: Resmi dari BKN, Ini Jadwal Lengkap Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2024 yang Dibuka 3 Kali

Ia menambahkan nantinya untuk tarif dari Stasiun Halim maupun Tegalluar dan Padalarang dengan tujuan Stasiun Karawang maupun rute sebaliknya masih akan dikaji kembali berdasarkan tarif dinamis (dynamic pricing).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x