Syarat dan Lokasi Masinis KAI Ikuti Pelatihan Kemudikan Kereta Cepat Whoosh

- 17 Januari 2024, 21:15 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh.
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. /prfmnews/Dedy Mullyana

PRFMNEWS – Sebanyak 72 masinis PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI tengah ikuti pelatihan operasional untuk mengemudikan Kereta Cepat Whoosh sejak 27 Februari 2023. Pelatihan ini mencakup aspek teori dan praktik guna meningkatkan kompetensi serta penguasaan teknologi kereta cepat penghubung Jakarta-Bandung itu.

Syarat masinis PT KAI yang dilatih untuk mengoperasionalkan Kereta Cepat Whoosh adalah mereka yang telah mengemudikan lokomotif pada perjalanan kereta api konvensional selama minimal 3.000 jam atau 100.000 kilometer (km).

Terkait lokasi pelatihan, 72 masinis PT KAI ini menjalani pelatihan tahap pertama yang berfokus pada teori di Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Tahap kedua berupa pelatihan praktik yang berlokasi di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Segera Dibangun, Jalur Rute LRT Bandung Raya Sudah Disetujui Presiden Jokowi

Di Depo Tegalluar, calon masinis Kereta Cepat Whoosh ini diberikan pembelajaran praktik melalui komputer dan simulator kabin masinis EMU (kereta cepat pembawa penumpang).

Simulator ini merupakan replika dari sarana Whoosh tipe KCIC400AF yang seluruh peralatan dan fungsinya sama dengan yang nantinya akan digunakan para masinis saat berdinas.

Simulator ini tidak hanya memerlukan keterampilan menjalankan dan menghentikan Whoosh, melainkan juga menghadapi berbagai skenario dari perjalanan normal hingga mengatasi kendala-kendala yang mungkin terjadi seperti gangguan sistem, objek asing, sinyal, dan perubahan cuaca.

“Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa masinis siap mengoperasikan Kereta Cepat Whoosh dengan keahlian yang dibutuhkan,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan resminya, dikutip prfmnews.id pada Rabu 17 Januari 2024.

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata di Bandung Timur, Lokasinya di Kaki Gunung Manglayang

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x