Segera Dibangun, Jalur Rute LRT Bandung Raya Sudah Disetujui Presiden Jokowi

- 17 Januari 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi LRT Bandung Raya
Ilustrasi LRT Bandung Raya /Dok KAI

PRFMNEWS – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui pembangunan jalur rute kereta ringan atau LRT (Light Rail Transit) Bandung Raya.

Rencananya, proyek LRT Bandung Raya koridor pertama dengan jalur rute yang telah disetujui Presiden Jokowi ini akan dibangun mulai tahun 2027.

Bey Machmudin menyebut jalur rute LRT Bandung Raya pada pembangunan tahap pertama yang telah disetujui Jokowi adalah untuk trase Utara – Selatan Kota Bandung, yakni Babakan Siliwangi dekat kawasan Dago – Leuwipanjang.

Baca Juga: Mengejutkan, Begini Cara Geng Hacker Masuk Sistem IT Curi Data PT KAI Selama 1 Minggu, Kata Ahli Siber

Dana yang digunakan untuk pembangunan LRT Bandung Raya ditargetkan akan menggunakan APBN. Bey menyebut untuk proyek LRT ini dibutuhkan anggaran sebesar hampir Rp11 triliun.

"Presiden menyetujui LRT Bandung Raya juga LRT Bali. (Rute LRT Bandung Raya yang disetujui) Dari Babakan Siliwangi ke Leuwipanjang sepanjang 15 kilometer. Nilainya sekitar Rp10,9 triliun," ujarnya, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 17 Januari 2024.

Bey pembangunan LRT dapat segera dilakukan guna mengurai kemacetan lalu lintas di Bandung Raya, khususnya di Kota Bandung, melalui hadirnya transportasi massal terintegrasi.

Baca Juga: Diprotes Hotman Paris dan Inul, Kemenkeu: Pajak Hiburan Naik 40-75 Persen Berlaku Pada Kategori Tertentu

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat Koswara menuturkan pembangunan LRT di Bandung Raya ditargetkan mulai dibangun pada tiga tahun ke depan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah