Demi Menjaga Netralitas, Polri Larang Anggotanya Selfie hingga Komen Soal Capres di Medsos

- 18 Desember 2023, 14:30 WIB
Propam Polri Jamin Netralitas Polri Dalam Pemilu 2024.
Propam Polri Jamin Netralitas Polri Dalam Pemilu 2024. /Humas Polda Aceh/

PRFMNEWS - Untuk menjaga netralitas, seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi dilarang melakukan swafoto atau selfie serta mengunggah komentar yang berkaitan dengan pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden di media sosial.

Dalam kaitan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan seluruh anggota harus bijak menggunakan media sosial. Hal itu tertuang dalam surat telegram resmi Nomor 2407 yang diterbitkan pada Oktober 2023.

Kepala Biro Wabprof Divisi Propam Polri Brigjen Agus Wijayanto, menjelaskan kebijakan itu sebagai bentuk menjaga netralitas Polri dalam tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen TKD Prabowo-Gibran Dukung Netralitas ASN,TNI/Polri

“Yang pertama kita harus tahu rambunya dulu, UU ada, Perpol ada dan memperjelas lagi kegiatan soal (larangan) politik praktis dengan surat telegram Kapolri, itu sudah buat kita telegram nomor 2407 bulan Oktober. Bagaimana yang dilarang oleh polisi di medsos," kata Agus,dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, Senin, 18 Desember 2023.

Dia menjelaskan bahwa seluruh anggota Polri dilarang berfoto dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden. Selain itu, anggota Polri juga dilarang untuk mengomentari foto pasangan calon di media sosial.

Agus menjelaskan anggota Polri dilarang swafoto dengan pose yang berpotensi menuding keberpihakan Polri terhadap partai politik, mempromosikan, menanggapi, menyebarluaskan gambar foto paslon via media, daring, dan sosial.

"Termasuk juga pose-pose foto dengan jari-jari itu, yang dulu kalau ada angkatan, entah itu bintara, perwira, itu kan ada angkatannya, itu tidak boleh," ujar Agus.

Dia menjelaskan bahwa Divisi Propam Polri memiliki cara untuk melakukan berbagai upaya menjaga netralitas anggota kepolisian. Bahkan menurut dia, berbagai video dengan menggunakan sosok "Pak Bhabin" telah disebarluaskan untuk menjadi pengingat seluruh jajaran.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x