Kasus Covid-19 Naik Jelang Libur Nataru, Jokowi Belum Wajibkan Pakai Masker

- 16 Desember 2023, 17:00 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi /ANTARA/Gilang Galiartha

PRFMNEWS - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik jelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Presiden RI Joko Widodo telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk mengamati perkembangan Covid-19 di Indonesia.

"Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa, ya sampai sekarang dari Menteri Kesehatan menyampaikan masih dalam kondisi baik," ujar Jokowi usai meninjau proyek MRT fase 2A di Monas, pada, Jumat 15 Desember 2023.

Meski demikian, Presiden Jokowi belum mewajibkan masyarakat kembali memakai masker.

Baca Juga: Relokasi PKL Dalem Kaum Bandung Terkendala, Satpol PP: Jika Pendekatan Humanis Gagal, Terpaksa Represif

"Belum sampai kesana (wajib pakai masker), selalu diikuti dan diamati oleh Menteri Kesehatan dan jajaran," kata dia.

Kemenkes sendiri mencatat terjadi peningkatan kasus positif baru hingga 359 pasien Covid-19 pada 14 Desember lalu. Total kasus aktif yang terpapar virus corona pun sudah mencapai 1.499 pasien; sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Kasus Covid-19 tercatat mulai meningkat sejak November 2023. Hal ini juga terjadi bersamaan di sejumlah negara seiring dengan dimulainya musim hujan dan musim dingin. Masyarakat pun mulai kembali didorong menjalani vaksinasi.

Catatan kasus Covid-19 saat ini memang masih jauh dari rekor penanganan saat berstatus pandemi yang bisa menembus 100 ribu pasien per hari. Hal ini sempat menimbulkan masalah karena fasilitas kesehatan mengalami kelumpuhan. Jumlah pasien melampaui kapasitas dan jumlah tenaga kesehatan.

Baca Juga: Bojan Hodak Optimis Persib Bandung Tembus Babak Championship Series, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x