Sekjen Kemendagri: Alumni IPDN adalah Elemen Penting bagi Pembangunan dan Perekat NKRI

- 19 Oktober 2023, 13:00 WIB
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro saat membuka Pelatihan Dasar CPNS bagi Purna Praja IPDN Angkatan XXIX Gelombang II Tahun 2023 di Resimen Induk Kodam Jayakarta (Rindam Jaya), Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro saat membuka Pelatihan Dasar CPNS bagi Purna Praja IPDN Angkatan XXIX Gelombang II Tahun 2023 di Resimen Induk Kodam Jayakarta (Rindam Jaya), Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. /Puspen Kemendagri/

PRFMNEWS - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menegaskan, alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah elemen penting bagi pembangunan dan perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu disampaikannya saat membuka Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi Purna Praja IPDN Angkatan XXIX Gelombang II Tahun 2023 di Resimen Induk Kodam Jayakarta (Rindam Jaya), Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023.

“Bapak akan memulai dengan menyampaikan pesan Bapak Presiden beberapa tahun yang lalu saat Bapak masih menjadi Rektor IPDN, Bapak Presiden mengatakan bahwa kita mempunyai tantara, kita sebarkan ke seluruh nusantara untuk menjalankan tugas negara sebagai perekat dan mempertahankan NKRI,” katanya.

Suhajar mengingatkan para peserta pelatihan terkait pesan Presiden Joko Widodo yang mengatakan, pemerintah masih membutuhkan alumni pamong praja untuk bersama-sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) disebar ke seluruh nusantara.

Baca Juga: Kepala BSKDN Kemendagri Apresiasi Perkembangan Inovasi Kabupaten Sorong yang Makin Melejit

“Bapak Presiden mengatakan bahwa tentara dan polisi di seluruh republik berada di luar pemerintah daerah, tetapi pamong praja alumni IPDN berada di dalam pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia menambahkan, para pamong praja yang juga merupakan bagian dari pegawai pemerintah daerah (Pemda) menjadi pengawal bagi jalannya pembangunan daerah agar selaras (in line) dengan rencana pembangunan pemerintah. Alumni IPDN sebagai perekat NKRI, lanjutnya, masuk ke dalam substansi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, termasuk pembinaan kemasyarakatan.

“Anda berada di dalam pemerintahan daerah, Anda membantu daerah mulai dari penyusunan rencana pembangunan yang harus in line dengan cita-cita republik. Jadi kalau ada visi dan misi yang tidak in line tidak sama dengan peraturan perundang-undangan di atasnya, apalagi UUD 1945, tanggung jawab Anda meluruskannya. Itu makna dari alumni IPDN sebagai perekat NKRI,” terangnya.

Menengok ulang sejarah, dirinya mengingatkan, tugas Menteri Dalam Negeri (Mendagri) salah satunya mengurus pemerintahan mulai dari pemerintahan pusat sampai ke daerah-daerah terpencil. Lingkupnya sampai ke desa-desa, kelurahan-kelurahan, hingga tingkat Rukun Tetangga (RT). Tugas utama Kemendagri yaitu bagaimana menjalankan fungsi-fungsinya di daerah-daerah seluruh Indonesia dengan berbagai kekurangan dan keterbatasan yang ada.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x