Bagi-bagi 500 Ribu Rice Cooker Gratis ke Rumah Tangga Khusus, ESDM: Hemat 9,7 Juta Tabung LPG 3 Kg

- 10 Oktober 2023, 14:00 WIB
Simak informasi kapan rice cooker gratis dari pemerintah mulai dibagikan ke masyarakat, cek inilah syarat dapat penanak nasi Rp0 rupiah.
Simak informasi kapan rice cooker gratis dari pemerintah mulai dibagikan ke masyarakat, cek inilah syarat dapat penanak nasi Rp0 rupiah. /Pixabay.com/@Hans

PRFMNEWS - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkap tujuan utama program bagi-bagi rice cooker atau alat masak nasi berbasis listrik yang ditujukan kepada target rumah tangga khusus yang memenuhi syarat dan kriteria penerima.

Tujuan hingga syarat dan kategori penerima rice cooker gratis ini diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Sebagai turunannya telah diterbitkan pula Petunjuk Teknis Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu menyampaikan program pemberian AML berupa rice cooker gratis di tahun 2023 merupakan bentuk insentif kepada rumah tangga yang memenuhi kriteria tertentu sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM tersebut.

Baca Juga: Rice Cooker Gratis dari Pemerintah, Ini 2 Syarat Penerima dan Spesifikasi Produk Sesuai Aturan ESDM

"Tujuan program ini adalah menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal dan berkelanjutan. Selain itu program ini bertujuan mengurangi impor LPG yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi listrik perkapita, serta mendukung teknologi memasak yang lebih bersih," ujar Jisman dalam keterangan resmi, Senin 9 Oktober 2023.

Jisman menyebutkan sebanyak 500.000 unit rice cooker yang akan dibagikan pada 2023 di seluruh Indonesia berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 GWh setara dengan kapasitas pembangkitan 20 MW.

Menurut dia, program pembagian ratusan ribu rice cooker gratis ini juga berpotensi menghemat penggunaan LPG sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3 kg.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bagi-bagi Rice Cooker Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x