Pemerintah Bakal Bagi-bagi Rice Cooker Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

- 9 Oktober 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi rice cooker.
Ilustrasi rice cooker. /Info Tangerangkota/

PRFMNEWS - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bakal menyalurkan bantuan Alat Memasak berbasis Listrik (AML) atau Rice Cooker gratis kepada masyarakat tahun ini.

Pemberian rice cooker secara cuma-cuma ini memiliki anggaran biaya mencapai Rp 347,5 miliar.

Rencana ini diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Baca Juga: Suka Nasi Goreng? Awas Bahaya 'Fried Rice Syndrome' yang Mematikan Mengintaimu!

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pembagian Rice Cooker tersebut menjadi salah satu upaya pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor. Termasuk rumah tangga.

"Kita kan ingin mendorong terjadi pemanfaatan energi bersih itu di seluruh sektor ya. Di industri, di transportasi dengan mobil listrik, di rumah tangga juga kita dorong salah satunya dengan menggeser pemanfaatan yang misalnya sekarang dengan bahan bakar yang lain di geser kepada listrik, itu akan kita lakukan tahun ini," kata Dadan.

Menurut Pasal 1 Ayat 1 Permen ESDM tersebut, alat memasak berbasis listrik (AML) adalah pemanfaatan tenaga listrik untuk memasak yang mencakup fungsi menanak nasi, menghangatkan makanan, dan mengukus makanan.

Baca Juga: CEK FAKTA : Nasi yang Dipanaskan di Rice Coocker Lebih dari 6 Jam Bisa Menjadi Racun Penyebab Kanker?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x