CEK FAKTA : Nasi yang Dipanaskan di Rice Coocker Lebih dari 6 Jam Bisa Menjadi Racun Penyebab Kanker?

- 23 Maret 2021, 16:12 WIB
Ilustrasi nasi.*
Ilustrasi nasi.* /

PRFMNEWS - Beredar pesan berantai di WhatsApp yang menyebut bahaya nasi yang dipanaskan di rice cooker atau magic com lebih dari 6 jam bisa menjadi racun penyebab kanker dan penyakit diabetes.

Benarkah nasi akan berbahaya jika dipanaskan di rice cooker atau magic com lebih dari 6 jam, bahkan bisa menjadi racun penyebab kanker dan diabetes? Cek penelusuran faktanya dalam ulasan berikut ini.

Menurut Dokter Spesialis Gizi dari Universitas Padjadjaran, Dimas Erlangga Luftimas, permasalahan sebenarnya terkait nasi yang dipanaskan lebih dari 6 jam rice cooker atau magic com adalah terkait kandungan gizi, bukan perihal racun penyebab kanker dan diabetes.

Baca Juga: Pemerintah Ceko Isolasi Tunawisma di Hotel Mewah

Baca Juga: Terjadi Kecelakaan di Tol Purbaleunyi Arah Kota Bandung, Satu Mobil Ringsek

Dari kajian ilmiah tentang karbohidrat, lanjut Dimas, nasi yang dimasak dan dihangatkan menggunakan rice cooker atau magic com sangat memengaruhi kandungan gizi.

Dimas menggambarkan, nasi yang bagus kandungan gizinya adalah nasi yang dihidangkan secar segar. Artinya, nasi yang baru saja matang di rice cooker dan magic com, memiliki kandungan gizi paling bagus ketimbang nasi yang dimasak sejak pagi lalu dihangatkan untuk santap siang.

 

"Nasi yang bagus kandunga gizinya adalah nasi yang dihidangkan secara segar. Sementara nasi yang sudah lama, misalnya dimasak pagi lalu dihangkat dengan suhu tertentu hingga siang untuk disantap, itu rentan terpapar bakteri," jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 23 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x