Kemenag Alokasikan Dana Bantuan Pendidikan Sebesar Rp11 Trilun Tahun Ini

- 19 Juli 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi beasiswa pendidikan.
Ilustrasi beasiswa pendidikan. /Freepik/Freepik/


PRFMNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun ini kembali mengalokasikan anggaran dana bantuan pendidikan senilai Rp11,2 Triliun.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Raudlatul Athfal 2023.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiawaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan, anggaran sebesar Rp11,2 triliunn ini diperuntukkan bagi 10,4 juta siswa.

Baca Juga: Santri Harus Tahu! Link Daftar Beasiswa Pendidikan S1 dan S2 dari Kemenag

Alokasi dana BOS Madrasah ini sangatlah besar karena tahun ini sudah memperhitungkan tingkat kemahalan daerah atau yang kita kenal sebagai BOS Majemuk," jelas Isom, panggilan akrabnya, dalam keterangan resmi, Rabu 19 Juli 2023.

Alokasi dana BOS tahun ini terbagi dua, yang pertama sebanyak Rp2,17 triliun untuk 1,8 juta siswa madrasah negeri. Kedua, Rp8,99 triliun untuk 8,6 juta siswa madrasah swasta.

Sementara anggaran BOP RA sebesar Rp808 miliar untuk 1,3 juta siswa.

Baca Juga: Pemerintah Sediakan Beasiswa untuk Dokter Spesialis, Simak Pendaftarannya

BOS Majemuk adalah kebijakan pendanaan BOS yang menetapkan variatif nilai sesuai tingkat kemahalan di daerah tempat madrasah berada.

Anggaran BOS setiap daerah tidak lagi sama rata, melainkan disesuaikan dengan tingkat kemahalan di daerah tempat madrasah berada.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x