7 Prinsip dalam Pelaksanaan MPLS yang Perlu Diketahui Pihak Sekolah dan Orangtua

- 12 Juli 2023, 21:50 WIB
Ilustrasi MPLS.
Ilustrasi MPLS. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Jelang memasuki tahun ajaran baru 2023 – 2024 bagi peserta didik baru akan dihadapkan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

MPLS yang dulu dikenal sebagai MOS ataupun Ospek, merupakan kegiatan yang dilaksanakan pihak sekolah untuk peserta didik baru untuk mengenal lingkungan sekolah dan memberikan pengarahan sebelum kegiatan belajar mengajar.

Dilansir dari Laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut 7 prinsip pelaksanaan MPLS yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016:

Baca Juga: 7 Kebiasaan ini Bisa Bikin Badan Kamu Cepat Kurus, kata Dokter Saddam Ismail

1. Mengutamakan aspek pendidikan dan kebermanfaatan

Memberikan pemahaman awal mengenai visi-misi, program, dan tata tertib sekolah. Mencakup aspek pembelajaran yang bermanfaat, edukatif, dan kreatif.

Tidak dibenarkan untuk menyuruh siswa menggunakan atribut-atribut yang tidak wajar dan melakukan aktivitas tidak bermanfaat yang tidak ada hubungannya dengan proses pembelajaran di sekolah.

2. Menyenangkan siswa baru

Saat pelaksanaan MPLS, harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa baru. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki semangat belajar, produktif, dan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga: Uji Coba LRT Jabodebek Rp1 Tahap I Sudah Dimulai, Ada 22 Perjalanan Tersedia Per Hari

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x