Bank Indonesia Tegaskan Tidak Akan Lakukan Redenominasi Rupiah dalam Waktu Dekat

- 7 Juli 2023, 09:00 WIB
Uang Rupiah.
Uang Rupiah. /prfmnews

PRFMNEWS - Terkait viralnya sebuah video di media sosial yang menyebutkan redenominasi atau penyerdehanaan angka pada uang rupiah, Bank Indonesia memberikan klarfikasinya.

Dalam sebuah keterangan resmi, Bank Indonesia menegaskan tidak akan melakukan redenominasi rupiah dalam waktu dekat.

Bahkan, BI menegaskan video yang menyatakan akan ada redenominasi rupiah dalam waktu dekat itu bukan video resmi dari Bank Indonesia.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah BI Akan Segera Lakukan Redenominasi Rupiah? ini Faktanya

Disebutkan pula ada beberapa hal yang perludipertimbangkan terkait redenominasi yaitu makroekonomi sedang bagus, kondisi moneter, dan sistem keuangan yang stabil, serta kondisi sosial politik yang kondusif.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, meski saat in perekonomian domestik sudah membaik, ada hal lain yang harus diperhatikan dalam penerapan redenominasi rupiah.

Karena itu, Perry menegaskan BI akan melakukan redenominasi rupiah pada saat yang tepat.

Baca Juga: Pemerintah Cari Solusi Agar Tak Ada PHK Massal Bagi Tenaga Kerja Non-ASN

"Bank Indonesia menilai perekonomian domestik saat ini memang sudah baik. Namun, kondisi perekonomian kini masih dibayangi efek rambatan dari eksternal terutama pelemahan ekonomi global. Di satu sisi, stabilitas sistem keuangan saat ini juga stabil, tapi masih ada ketidakpastiaan global. Sehingga implementasi redenominasi masih akan melihat momentum yang tepat," kata Perry.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x