Sandiaga Uno Ikut Buka Suara Usai Viral Pejabat Kemenhub Ajak YouTuber Korea ke Hotel

- 15 Mei 2024, 11:30 WIB
Video Om Albert ngajak YouTuber Korea Jiah ke hotel viral berbuntut pembebastugasan oleh Kemenhub.
Video Om Albert ngajak YouTuber Korea Jiah ke hotel viral berbuntut pembebastugasan oleh Kemenhub. /Tangkapanlayar YouTube Jiah/

PRFMNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai perilaku salah satu pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam video viral “Om Albert” mengajak seorang YouTuber wanita asal Korea Selatan ke hotel telah mencoreng pariwisata Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan perilaku pejabat Kemenhub yang diketahui bernama Asri Damuna mengajak YouTuber asal Korea Selatan ke hotel dalam video yang beredar viral di media sosial itu bukanlah cerminan keramahtamahan dari masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Ini bukan budaya rakyat kita, dan ini hanya contoh tidak baik dan bukan merupakan representasi dari keramahtamahan kita,” ujar Sandiaga Uno di Jakarta, Senin 13 Mei 2024.

Meski kejadian viral om-om mengajak YouTuber perempuan asal Korea Selatan ke hotel ini telah mencoreng pariwisata Indonesia, Sandiaga memastikan kepada sejumlah wisatawan lokal maupun turis asing, bahwa berwisata di tanah air masih sangat nyaman, aman, serta menyenangkan bagi wisatawan solo wanita.

Baca Juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis untuk Warga Kabupaten Bandung Hingga Berpeluang Kerja di Korea Selatan

Atas kejadian viral tersebut, Sandiaga menyampaikan bahwa Asri Damuna yang diketahui menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera harus diberi sanksi tegas yang mampu memberikan efek jera agar peristiwa serupa tidak kembali terulang.

“Ini harus diberikan sanksi yang tegas, sanksi yang ada efek jeranya,” tegasnya.

Diketahui, Kemenhub telah membebastugaskan Asri Damuna yang merupakan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, usai videonya mengajak YouTuber Korea Selatan ke hotel viral di medsos.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah