Sepertiga Jemaah Haji Reguler Berkategori Lansia, Kemenag Berikan Perhatian Khusus

- 11 April 2023, 09:20 WIB
Ilustrasi jemaah haji.
Ilustrasi jemaah haji. /Dok PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pada musim haji tahun 2023 ini, sebanyak 203.320 orang akan berangkat ke tanah suci sebagai jemaah haji reguler. Dari jumlah itu 66.943 jemaah berusia lansia atau 65 tahun ke atas.

Karena itu, Kementerian Agama (Kemenag) akan memberikan perhatian khusus pada jemaah haji lansia yang mencapai sepertiga dari total jemaah haji reguler Indonesia tahun ini.

Menurut Fasilitator Bimbingan Teknis Bidang Layanan Haji Lansia Slamet, jika merujuk pada WHO, maka definisi lansia sebenarnya adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas.

Baca Juga: Kemenag Siapkan Pelayanan Khusus bagi Jemaah Haji Lansia 2023

Namun, dalam penyelenggaran haji tahun ini ada skala prioritas untuk jemaah dengan usia 65 tahun ke atas yang mencapai 66.943 orang, Kalau digabung dengan mereka yang berusia 60 tahun ke atas, maka jumlahnya meningkat hingga mencapai 93.000 jemaah lansia.

“Karena angkanya yang cukup besar, sehingga kita harus menegaskan bahwa seluruh petugas, seluruh komponen, baik jamaah maupun petugas harus betul-betul peduli kepada lansia,” ujar Slamet di Jakarta Senin 10 April 2023.

Karena cukup banyaknya jemaah lansia, Kemenag telah membuat langkah stategis agar pelayanan dapat dimaksimalkan bagi semua jemaah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Telah Teken Keppres Biaya Haji 1444 H, ini Besarannya

“Tentu kita menyiapkan secara internal dulu, petugasnya kita siapkan mulai dari petugas di kloter, petugas di embarkasi, petugas PPIH nya, semua dilakukan bimbingan teknis dengan muatan-muatan lansia,” terang Slamet.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x