Ini Alasan Kenapa Banyak Pengurus RW di Bandung Minta Sumbangan Saat Jelang Lebaran

- 11 April 2023, 08:15 WIB
Ilustrasi sumbangan lebaran.
Ilustrasi sumbangan lebaran. /Karolina Grabowska/Pexels

PRFMNEWS - Setiap jelang lebaran, banyak pengurus RW yang menyebar surat permohonan bantuan dana kepada para warga di sekitar. Dalam permohonan THR itu, ada RW yang mencantumkan besaran, ada juga yang tidak.

Ketua Forum RW Kota Bandung, Lily Maulana menjelaskan alasan kenapa pihak RW kerap meminta sumbangan kepada warga pada saat jelang lebaran.

Menurutnya, setiap RW memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai momen berbagi. Pasalnya, nantinya uang sumbangan tersebut akan diberikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti anggota Linmas dan petugas kebersihan.

Baca Juga: Viral Permintaan THR oleh RW dengan Total Anggaran Mencapai Rp19,6 Juta, Ketua RW: Tidak Ada Pemaksaan

"Karena bulan suci ini bulannya pahala, bulannya permohonan maaf dan bulannya berbuat kebaikan. Maka di wilayah kota Bandung di semua RW sudah terbiasa dilakukan setiap RW," ucap Lily saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel Minggu, 9 April 2023.

Disampaikannya, sebenarnya sumbangan yang diminta itu bukanlah THR, karena lebih tepatnya sumbangan itu bisa disebut dengan kadeudeuh.

"THR ini bahasa aturan di undang-undang ketenagakerjaan yang sudah ditetapkan besarannya. Hanya mungkin di lingkup masyarakat lebih tenar THR, padahal lebih tepatnya bukan THR, tapi kadeudeuh," jelasnya.

Baca Juga: Soal Surat Permintaan Uang THR dari RW, Ketua Forum RW Kota Bandung: Bukan THR, Tapi Kadeudeuh

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x