Barang Bawaan Ketinggalan atau Hilang di Kereta Api, Apa Cara yang Harus Dilakukan? Ikuti Tips dari KAI ini

- 10 Februari 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi, tips mengurus barang hilang atau ketinggalan barang di kereta api.
Ilustrasi, tips mengurus barang hilang atau ketinggalan barang di kereta api. /Antara/M Agung Rajasa

PRFMNEWS – Momen barang bawaan tertinggal atau bahkan hilang dalam perjalanan naik kereta api (KA) atau saat berada di lingkungan stasiun tak jarang membuat sang pemilik khawatir dan panik.

Sebagai solusi, PT KAI (Persero) menyampaikan sejumlah tips berupa cara mengadukan atau melaporkan barang bawaan yang ketinggalan maupun hilang di kereta api dan stasiun.

KAI menyatakan kejadian barang bawaan penumpang tertinggal atau hilang di dalam kereta api maupun di lingkungan stasiun mengalami peningkatan pada beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Lowongan Kerja Februari, KAI Buka Rekrutmen Pelamar SMA-S1 untuk Sejumlah Posisi Termasuk Kondektur

Tak sedikit penumpang kebingungan terkait bagaimana cara lapor kejadian ketinggalan maupun kehilangan barang bawaan saat berada di kereta api maupun di lingkungan stasiun.

Peningkatan kejadian barang bawaan penumpang ketinggalan maupun hilang tersebut menurut KAI terjadi seiring bertambahnya pula minat masyarakat menggunakan layanan kereta api.

KAI mencatat, sekitar 3,05 juta tiket yang telah dipesan dan terjual untuk keberangkatan 1 Januari sampai 31 Januari 2023. Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan semakin membaiknya penanganan wabah Covid-19.

“Meningkatnya volume penumpang angkutan kereta api, berdampak juga pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas,” ungkap Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga: Mudah dan Gratis! Ini Persyaratan Dokumen dan Alur Daftar Nikah di KUA

Joni Martinus menjelaskan, tercatat ada sebanyak 4.984 barang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah dimasukan pada database sistem Lost and Found selama periode Januari – Desember 2022.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x