Waspada Modus Baru Kirim Undangan Nikah Elektronik Melalui WhatsApp, Beresiko Curi Data Korban

- 30 Januari 2023, 06:40 WIB
Contoh undangan digital pernikahan di WhatsApp yang jika di-klik, para pelaku pembobol M-Bangking bisa kuras rekening Anda.
Contoh undangan digital pernikahan di WhatsApp yang jika di-klik, para pelaku pembobol M-Bangking bisa kuras rekening Anda. /

PRFMNEWS – Waspada terhadap modus baru yaitu dengan cara kirim undangan pernikahan melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Dilansir dari akun Instagram milik Badan Siber dan Sandi Negara @bssn_ri, disebutkan bahwa kini kembali muncul sebuah modus baru dengan cara mengirim undangan pernikahan.

“Setelah sebelumnya ada modus pembobolan rekening berkedok kurir paket, kini muncul lagi dengan modus baru yaitu kirim undangan pernikahan melalui pesan WhatsApp,” seperti dikutip prfmnews.id dari unggahan @bssn_ri Senin, 30 Januari 2023.

Baca Juga: Jangan Sembarang Klik Link Undangan Digital di HP Anda, Rekening Bisa Dikuras Komplotan Pembobol M-Bangking

Diketahui bahwa cara kerja dari kedua modus tersebut hampir sama, di mana mereka mengirimkan file berekstensi “apk” (Android Package Kit).

Ekstensi ini adalah format berkas yang digunakan untuk memasang program/aplikasi berbasis android.

“Dalam kasus ini, ada upaya dari penyerang untuk mengirimkan sebuah program jahat (malware) untuk diinstal di HP korban dan kemudian akan mencuri data maupun mengambil alih kendali perangkat korban,” tulis unggahan tersebut.

Baca Juga: Waspada Modus Penipuan Baru, Undangan Digital Berujung Saldo Terkuras

Aplikasi tersebut digolongkan dalam kategori dangerous yang memungkinkan untuk meminta akses melalukan aktivitas seperti baca SMS atau MMS, terima SMS, dan kirim SMS.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x