Tips Terhindar Stunting, Menkes: Beri Anak Makanan Tambahan Protein Bukan Biskuit

- 22 Januari 2023, 12:53 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin /(Tangkap Layar Youtube:/Sekretariat Presiden)

 

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan sejumlah cara mencegah stunting pada anak sejak dini yang perlu diperhatikan orangtua khususnya ibu.

Cara mencegah anak stunting ini diungkap Menkes Budi dalam pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor pada Selasa 17 Januari 2023 .

Selain menyampaikan tips agar anak terhindar dari stunting, di hadapan para kepala daerah se-Indonesia itu, Menkes juga menjelaskan dampak negatif kualitas SDM mengalami stunting terhadap pendapatan suatu daerah.

Baca Juga: Selain Bagikan Antropometri Kit, Ini 7 Inovasi Pemkot Bandung Sebagai Upaya Turunkan Stunting

Untuk mencegah stunting, Menkes menyebut cara utama yang harus dilakukan adalah dengan intervensi spesifik pada ibu sejak remaja dan pada anak di usia 6 sampai 24 bulan.

“Cegah stunting, saya pesannya cuman dua yaitu intervensi spesifik pada ibu sejak remaja dengan memberikan tablet tambah darah, dan pada anak usia 6 sampai 24 bulan dengan memberikan protein hewani pada MPASI,” ujar Budi.

Budi melanjutkan, intervensi spesifik pada ibu dilakukan agar mereka tidak mengalami anemia sejak masih remaja.

Baca Juga: Netty Prasetiyani Sebut Ancaman Stunting di Indonesia Masih Tinggi, Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan

Maka dari itu penting bagi remaja perempuan, ujarnya, rutin mengonsumsi tablet tambah darah dan memastikan tablet tersebut diminum.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x