Ramai Kasus Anak Keracunan Nitrogen Cair, Netty Prasetiyani: Pemerintah Harus Turun Langsung Awasi Ciki Ngebul

- 11 Januari 2023, 12:00 WIB
Ciki ngebul yang mengandung nitrogen cair  diduga sebabkan keracunan dan peradangan pada anak-anak.
Ciki ngebul yang mengandung nitrogen cair diduga sebabkan keracunan dan peradangan pada anak-anak. /Pikiran Rakyat/Deni Armansyah/


PRFMNEWS - Ramainya kasus anak keracunan akibat mengonsumsi ciki ngebul membuat DPR RI angkat suara.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah mengawasi langsung peredaran jajanan Ciki Ngebul yang membuat beberapa anak keracunan akibat mengandung nitrogen cair.

"Penggunaan bahan berbahaya nitrogen cair pada makanan berisiko bagi tubuh, terutama untuk anak-anak. Pemerintah harus turun ke lapangan melakukan pengawasan agar penggunaan nitrogen cair pada makanan tidak dilakukan secara sembarangan dan bebas," kata Netty dalam keterangan medianya, Selasa, 10 Januari 2023.

Baca Juga: Dinkes Jabar Terus Berikan Perhatian pada Kasus Anak Keracunan Ciki Ngebul yang Bisa Sebabkan Iritasi Lambung

Menurut Netty, anak-anak cenderung tidak mengerti mana yang baik dan berbahaya bagi kesehatan dirinya.

Maka dari itu pengawasan peredaran oleh pemerintah harus menjadi perhatian serius.

"Anak-anak umumnya tertarik pada warna, bentuk atau keunikan makanan. Kita khawatir ada jenis jajanan lain yang juga mengandung zat berbahaya bagi tubuh," katanya.

Baca Juga: Selain Tasikmalaya, Kasus Anak Keracunan Nitrogen ‘Ciki Ngebul’ Juga Terjadi di Bekasi dengan Beragam Gejala

Sebagaimana diberitakan, ada 24 anak di Tasikmalaya dan 4 anak di Bekasi yang dilaporkan keracunan makanan yang diduga berasal dari jajanan Chiki Ngebul.

"Pemerintah dalam hal ini BPOM perlu sidak ke lapangan karena sebagian besar pedagang Ciki Ngebul itu pasti tidak tahu bahaya dari nitrogen cair yang dicampur dalam makanan. BPOM harus melakukan edukasi kepada para pedagang agar tidak memasukkan zat-zat bahaya ke dalam makanan," ungkap Netty.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x