Dinkes Jabar Terus Berikan Perhatian pada Kasus Anak Keracunan Ciki Ngebul yang Bisa Sebabkan Iritasi Lambung

- 9 Januari 2023, 13:30 WIB
Pedagang menyajikan ciki ngebul (cikbul) di Pasar Malam Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu 8 Januari 2023. Cikbul terancam dilarang karena banyaknya kasus keracunan yang disebabkan makanan yang mengandung nitrogen cair tersebut.
Pedagang menyajikan ciki ngebul (cikbul) di Pasar Malam Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Minggu 8 Januari 2023. Cikbul terancam dilarang karena banyaknya kasus keracunan yang disebabkan makanan yang mengandung nitrogen cair tersebut. /Pikiran Rakyat/Deni Armansyah/

PRFMNEWS - Masyarakat dibuat heboh dengan adanya 7 anak di Tasikmalaya yang dilaporkan keracunan setelah memakan 'ciki ngebul'.

Ciki ngebul ini merupakan jajanan anak-anak di mana ciki disiram oleh nitrogen cair.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, dr Ryan Bayu santika Rustandi menyampaikan, selain di Tasikmalaya, kasus serupa juga ditemukan di Bekasi.

Baca Juga: Selain Tasikmalaya, Kasus Anak Keracunan Nitrogen ‘Ciki Ngebul’ Juga Terjadi di Bekasi dengan Beragam Gejala

"Untuk kasus yang dilaporkan kami sudah lakukan penyelidikan epidemiologi, kami pantau terus perkembangan kasus," katanya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel Senin, 9 Januari 2023.

Kata dia, kini kondisi anak-anak yang dilaporkan keracunan ciki ngebul pun sudah membaik.

"Sampai saat ini seluruh kasus sudah sehat karena di Kabupaten Tasik itu terjadi di bulan November dan di Kota Bekasi terjadi di bulan Desember dan semuanya sudah pulang dalam kondisi sehat," ucapnya.

Dijelaskan dia, sebagian besar anak yang keracunan ciki ngebul ini mengalami pusing dan diare.

Baca Juga: Anak di Tasikmalaya Ada yang Keracunan Ciki Ngebul, Kemenkes Minta Hal ini ke Dinkes di Seluruh Indonesia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x