42 Orang di Sukabumi Diduga Keracunan Makanan Hingga Alami Mual dan Diare

- 26 Oktober 2021, 06:30 WIB
Ilustrasi keracunan massal. Sebanyak 42 warga di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi diduga alami keracunan usai santap makanan nasi box di acara keagamaan.
Ilustrasi keracunan massal. Sebanyak 42 warga di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi diduga alami keracunan usai santap makanan nasi box di acara keagamaan. / Pexels/Faruk Tokluoglu

PRFMNEWS - Sebanyak 42 orang Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat terpaksa menjalani perawatan medis di Puskesmas Sagaranten karena diduga keracunan pada Senin, 25 Oktober 2021 kemarin.

Kepala Puskesmas Sagaranten, Sudarna mengatakan, 42 orang ini dilarikan ke puskesmas untuk mendapatkan perawatan karena mengalami gejala keracunan, seperti pusing, mual, lemas, muntah-muntah hingga sering buang air besar (BAB) atau diare. 

"Sampai Senin malam jumlah warga yang mengalami gejala keracunan mencapai 42 jiwa, 28 orang sudah pulang karena hanya mengalami gejala ringan dan 14 lainnya masih menjalani perawatan di Puskesmas Sagaranten dan kondisi kesehatannya semakin membaik," kata Sudarna, sebagaimana dilaporkan Antara yang dikutip hari ini Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan: Harga PCR Turun Menjadi Rp300 Ribu

Karena jumlah korban yang keracunan cukup banyak, bahkan berpotensi bertambah, maka kejadian ini ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

"Penetapan KLB ini berdasarkan jumlah korban yang banyak, terus bertamah dan membutuhkan penanganan cepat. Meskipun belum diketahui penyebab utamanya tetapi kasus dugaan keracunan ini sudah masuk dalam kriteria KLB," kata Sudarna.

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Anda Terlalu Banyak Minum Air

Baca Juga: Terkait Kecelakaan Kereta LRT di Jakarta, Ini Alasan Pengelola

Menurut Sudarna, dugaan awal keracunan massal warga Kampung Babakansirna ini berasal dari paket nasi kotak berisi nasi, olahan daging dan mie telor yang dikonsumsi di acara keagamaan pada hari Minggu kemarin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x