Kemenhub Canangkan Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum

- 12 Desember 2022, 07:00 WIB
Operasional Bus Trans Metro Pasundan (TMP) Bandung Raya yang merupakan salah satu layanan Teman Bus..
Operasional Bus Trans Metro Pasundan (TMP) Bandung Raya yang merupakan salah satu layanan Teman Bus.. /PRFM

PRFMNEWS - Demi mengatasi permasalahan kemacetan yang mencuat di beberapa kota besar di Indonesia, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini sedang menggencarkan program Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum (GNKAU).

Lewat gerakan ini, Kemenhub berupaya meningkatkan minat penggunaan transportasi publik di masyarakat.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Danto Restyawan menjelaskan perlu adanya intervensi pemerintah untuk mengambil alih risiko penyediaan layanan angkutan umum yang memadai dan memenuhi standar pelayanan minimal salah satunta melalui program Subsidi Pembelian Layanan Angkutan Penumpang Umum Perkotaan Buy The Service (BTS).

Baca Juga: Pelajar, Lansia, dan Disabilitas Tetap Gratis Naik Bus Trans Metro Pasundan

“Permasalahan kemacetan lalu lintas telah mengemuka menjadi permasalahan sosial yang akut. Untuk mengurangi dampak seperti di atas, maka perlu intervensi pemerintah,” kata Danto dikutip dari ANTARA.

Dengan kehadiran layanan Bus BTS di beberapa kota besar di Indonesia ini diharapkan mampu memberikan stimulus pengembangan angkutan penumpang umum perkotaan, meningkatkan minat penggunaan angkutan umum, dan menghadirkan kemudahan mobilitas kawasan perkotaan.

GNKAU didukung oleh teknologi telematika melalui penggunaan fleet management system, website, executive dashboard, serta aplikasi TEMAN BUS untuk memberikan kemudahan bagi regulator, operator dan pengguna.

Baca Juga: Pemprov Jabar Tunda Bantuan Pembangunan Masjid Raya Margonda Depok, Ini Alasannya

Melalui aplikasi TEMAN BUS, masyarakat bisa mendapatkan informasi secara real time rute, jadwal dan posisi bus. Selain itu juga telah digunakan sistem pembayaran digital berbasis chip dan QRIS.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x