MLFF Permudah Bayar Tol Tanpa Berhenti di GT, Haruskah Memperlambat Kendaraan ?

- 19 November 2022, 06:57 WIB
Ilustrasi gerbang tol
Ilustrasi gerbang tol /Jasa Marga

 

PRFMNEWS – Layanan transaksi bayar tol tanpa berhenti dan tanpa tempel kartu e-toll di gardu Gerbang Tol (GT) melalui teknologi non tunai dan nirsentuh bernama Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera diterapkan secara bertahap pada akhir tahun 2022.

Transaksi bayar tol tanpa berhenti di GT berbasis teknologi MLFF ini merupakan inovasi dari Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang diterapkan dengan dukungan Aplikasi Cantas yang bisa di-download pengendara di handphone (HP) masing-masing.

Cara bayar tol melalui Aplikasi Cantas yang memanfaatkan teknologi MLFF ini membuat pengendara cukup melaju keluar GT tanpa perlu berhenti, dimana saldo di dalam aplikasi akan terpotong secara otomatis.

Baca Juga: Tekan Kemacetan dengan MLFF, Tahun 2022 Gerbang Tol di Indonesia Berencana Dihilangkan

Lalu, apakah ada syarat batas kecepatan maksimal atau minimal ketika melewati gerbang tol agar alat khusus tetap dapat mendeteksi kendaraan yang melintas sehingga saldo pembayaran tarif tol akan terpotong?

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono menjelaskan, MLFF merupakan layanan transaksi nirsentuh di jalan tol yang dilakukan secara otomatis melalui Aplikasi Cantas menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit.

Penerapan teknologi tersebut merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep Intelligent Toll Road System (ITRS) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

Baca Juga: Segera Berlaku, PUPR Kasih Bocoran Lokasi GT Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti Pakai Aplikasi Cantas

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x