Segera Berlaku, PUPR Kasih Bocoran Lokasi GT Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti Pakai Aplikasi Cantas

- 18 November 2022, 19:00 WIB
Bocoran Lokasi GT Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti Pakai Aplikasi Cantas.
Bocoran Lokasi GT Terapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti Pakai Aplikasi Cantas. /

PRFMNEWS – Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) secara bertahap akan menerapkan inovasi bayar tol berbasis teknologi transaksi non tunai (cashless) dan nirsentuh (tanpa tap kartu e-toll) atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF).

Rencananya, sejumlah gardu di Gerbang Tol (GT) akan segera menerapkan sistem bayar tol tanpa berhenti menggunakan teknologi MLFF ini mulai akhir tahun 2022 ini. BPJT berharap akhir 2023, semua GT di Indonesia sudah menggunakan sistem transaksi tersebut.

Nantinya, sistem pembayaran di gardu pada pintu tol yang sudah dipasang perangkat pendukung teknologi MLFF ini dilakukan melalui pemotongan saldo secara otomatis pada Aplikasi Cantas yang sudah ter-download dan terdaftar di masing-masing handphone (HP) pengendara.

Baca Juga: Penularan Covid-19 di Kota Bandung Meningkat Lagi, Pemkot Siapkan Strategi Ini

BPJT menjelaskan, perangkat yang akan digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit (E-OBU).

Alat khusus ini akan terkoneksi dengan sistem pada Aplikasi Cantas yang membuat pengendara cukup lewat di GT tanpa harus berhenti atau buka kaca dan tap kartu e-toll saat transaksi pembayaran tol.

Melalui penerapan transaksi nirsentuh MLFF bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik ketika pengendara bayar tol. Dari sebelumnya dengan tap kartu e-toll butuh waktu transaksi sekira 5 detik.

Baca Juga: Strategi Pemkot Bandung Cegah Begal: PJU, PJL hingga CCTV Diperbanyak, Anggaran Rp24 Miliar Disiapkan

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan, penerapan teknologi MLFF merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di jalan tol dengan konsep Intelligent Toll Road System (ITRS) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x