Kementerian PUPR Kebut Pembangunan Tol Baru Alternatif Rute Jakarta-Bandung, Nyambung ke JORR dan Purbaleunyi

- 23 September 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). Tarif Tol Dalam Kota Jakarta akan mengalami penyesuaian atau naik mulai Sabtu, 26 Februari 2022.
Ilustrasi jalan tol lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR). Tarif Tol Dalam Kota Jakarta akan mengalami penyesuaian atau naik mulai Sabtu, 26 Februari 2022. /Foto: Seputar Tangsel/Sugih Hartanto/

PRFMNEWS – Kementerian PUPR tengah fokus mempercepat pembangunan jalan tol baru yang menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2, dan Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi).

Pembangunan jalan tol baru di wilayah Jawa Barat (Jabar) oleh Kemen PUPR ini nantinya bisa menjadi alternatif kendaraan dari Jakarta menuju ke Bandung atau sebaliknya.

Jalan tol baru di Jabar yang akan terhubung ke Tol JORR 1, 2 dan Purbaleunyi ini adalah Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan.

Baca Juga: Harus Coba! Kolesterol Tinggi Turun Seketika dengan Cara Alami yang Dibagikan Ahli Herbal Ini

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan ini, kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, diharapkan juga dapat mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang rute lintasannya.

Jalan Tol Japek 2 Selatan, ungkap Menteri Basuki, membentang sepanjang 64 km dengan biaya investasi sebesar Rp14,69 Triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Pembangunan jalan tol ini terbagi dalam tiga seksi, yakni Seksi 1 Jatiasih - Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu - Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan Seksi 3 Taman Mekar - Sadang sepanjang 27,85 km.

Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki tujuh buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Baca Juga: Pemkot Bandung Beri Sinyal Rencana Bangun 2 Flyover Baru, Termasuk di Perempatan Samsat Kiaracondong

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x