Pemerintah Klaim IKN Tidak Akan Banjir Selama 100 Tahun

- 6 November 2022, 06:40 WIB
Penampakan desain Istana Negara IKN yang didesain oleh seniman Nyoman Nuarta.
Penampakan desain Istana Negara IKN yang didesain oleh seniman Nyoman Nuarta. /Instagram Nyoman Nuarta

PRFMNEWS - Pemerintah mengklaim bahwa desain Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan membuatnya terhindar dari banjir dalam kurun waktu 100 tahun atau satu abad.

Adapun cara-cara yang dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di kawasan IKN adalah dengan membangun sejumlah kolam retensi dan bendungan.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda, Harya Muldianto pada Sabtu 5 November 2022.

Baca Juga: Ringtone HP Menteri PUPR Tiba-tiba Bunyi Saat Dampingi Jokowi Tinjau IKN, Bikin Netizen Salah Fokus

"Memang tidak ada jaminan tidak akan ada banjir tapi dengan perhitungan hidrologi dan desain yang andal maka tidak akan terjadi banjir di IKN dalam 100 tahun mendatang," ungkap Harya dikutip dari ANTARA.

Kolam retensi yang dibangun adalah SG-3, kolam retensi TR-01, dan kolam retensi TR-7 yang ketiganya bisa mereduksi banjir dan menunjang penerapan Zero Delta Q.

Ia juga menjelaskan penyebab banjir di sekitar IKN selama ini antara lain curah hujan tinggi, pengaruh pasang surut air laut, bottleneck pada gorong-gorong jembatan dan jalan provinsi, serta kondisi topografi cenderung datar.

Baca Juga: Dibeberkan Ridwan Kamil, Ternyata Ini Tantangan Terbesar Pemerintah Bangun IKN

Pihaknya juga menerima data kejadian banjir tahunan (2-3 kali) pada lima sungai di Kecamatan Sepaku yang berdampak pada pemukiman serta jalan protokol Sepaku.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x