Presiden Jokowi Harap Program Bioetanol Meningkatkan Produksi dan Kualitas Tebu Lokal

- 5 November 2022, 16:25 WIB
Presiden Joko Widodo Jokowi meluncurkan program Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi.
Presiden Joko Widodo Jokowi meluncurkan program Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi. /

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan program Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi.

Presiden meresmikan program tersebut di pabrik bioetanol PT Energi Agro Nusantara (Enero), Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat, 4 November 2022.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Jokowi berharap program itu dapat meningkatkan kualitas hasil produksi tebu di Tanah Air.

Baca Juga: Nelayan dan Nahkoda Belum Terima Bansos dari Pemprov Jabar? Ini Nomor Pengaduannya

"Kita telah memulai menanam tebu yang ditanam secara modern dan kita harapkan nanti produktivitas dari tanaman itu menjadi lebih baik dan lebih meningkat,” ujar Presiden Jokowi dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Sekrtariat Presiden pada Sabtu, 5 November 2022.

Program Bioetanol Tebu untuk Ketahanan Energi ini diproyeksikan dapat menjadi solusi peningkatan jumlah produksi bioetanol nasional dari 40 ribu kiloliter di tahun 2022 menjadi 1,2 juta kiloliter di tahun 2030 dan menjadi potensi campuran BBM jenis minyak bensin.

Hal ini berdasarkan pada studi yang dilakukan di Brazil, energi yang dihasilkan dari 1 ton tebu setara dengan 1,2 barel crude oil.

Baca Juga: Pengumumuman! Band Burgerkill Batal Tampil di Acara Kickfest Kota Bandung

"Kalau tebu ini berhasil, kemudian B30 sawit itu bisa ditingkatkan lagi, ini akan memperkuat ketahanan energi negara kita, Indonesia," ucap Jokowi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x