Jokowi Perintahkan Menteri Pertanian Cek Stok Beras Nasional

- 1 November 2022, 21:57 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo /BUDI SATRIA/PRFM.

  

PRFMNEWS - Presiden Jokowi meminta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mengecek secara faktual stok beras nasional yang saat ini.

Hal tersebut disampaikan Mentan usai menghadiri rapat bersama Presiden Jokowi dan sejumlah jajarannya terkait pembahasan ketersediaan stok beras di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 31 Oktober 2022.

Namun Mentan, berdasarkan data dan neraca yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian, saat ini ketersediaan beras nasional masih cukup.

Baca Juga: Menteri Pertanian Kunjungi Cilayung Jatinangor, Terungkap Dua Sapi Positif Penyakit Mulut dan Kuku

"Saya diberi waktu oleh Bapak Presiden satu minggu ini untuk mengecek kembali faktualisasi data yang ada bersama seluruh jajaran, bersama para gubernur, para bupati,” ujar Mentan Syahrul dikutip prfmnews.id dari laman presidenri.go.id pada Selasa, 1 November 2022.

Mentan pun menyebutkan, bahkan dari prognosis yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), produksi beras pada tahun ini merupakan yang tertinggi.

"Pada panen tertinggi kita Maret-April itu di atas 18,3 juta (ton), kemudian panen kedua kita pada Agustus, September, Oktober itu bahkan 13 koma sekian (juta ton). Oleh karena itu, data BPS juga menunjukkan bahwa sekarang stok-stok itu ada 60 persen di tangan rakyat sendiri,” jelasnya.

Baca Juga: Berkunjung ke Lembang, Menteri Pertanian Pastikan Keamanan dan Mutu Pangan

Meskipun demikian, Mentan Syahrul mengatakan bahwa Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk menambah stok beras melalui beras cadangan yang ada di Badan Urusan Logistik (Bulog).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x