Peringatan Dini BMKG, Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jabar - Yogyakarta Selama 2 Hari

- 21 Oktober 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi laut selatan Jabar - Yogyakarta, peringatan dini dari BMKG.
Ilustrasi gelombang tinggi laut selatan Jabar - Yogyakarta, peringatan dini dari BMKG. /Pixabay/dimitrisvetsikas1969

PRFMNEWS – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

BMKG mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan termasuk nelayan, jasa angkutan kapal, dan wisatawan untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di laut selatan Jabar hingga DIY tersebut.

Peringatan dini BMKG akan potensi gelombang tinggi di laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY tersebut berlaku dua hari mulai Jumat, 21 Oktober 2022 sampai dengan Sabtu, 22 Oktober 2022.

Baca Juga: Kerap Dengar Kebaikan Sang Suami, Siti Muntamah akan Tuangkan dalam Buku Mengenang Oded M Danial

Berdasarkan analisis BMKG, tinggi gelombang di laut selatan Jabar, Jateng dan DIY pada dua hari 21 – 22 Oktober 2022 berpotensi mencapai kisaran 2,5 – 4 meter, sehingga masuk kategori tinggi.

BMKG menyebut gelombang tinggi berpotensi terjadi di seluruh wilayah perairan selatan Jabar hingga DIY, baik Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.

“Peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Hapus PR Siswa SD dan SMP Mulai 10 November 2022, Pemkot Surabaya Beberkan Alasan dan Penggantinya

Teguh menambahkan, pola gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi itulah yang dapat memicu peningkatan tinggi gelombang air laut.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x