BMKG : Potensi Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut Sepekan ke Depan

- 9 Oktober 2022, 09:02 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM

 

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan waspada potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Itu artinya potensi cuaca ekstrem yang sebelumnya dirilis pada periode 2-8 Oktober 2022 masih terus berlanjut.

Masyarakat diminta waspada terhadap cuaca ekstrem yang mengakibatkan hujan lebat disertai kilat serta angin kencang pada periode 9-15 Oktober 2022.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi di Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Hingga 8 Oktober 2022

Kepala BMKG Dwikorita Karnawi mengatakan hal tersebut dapat terjadi berdasarkan hasil analisis terkini, dimana wilayah Indonesia masih cukup signifikan yang berpotensi dalam peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah selama sepekan ke depan.

"Hasil dinamika atmosfer terkini, menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawi dikutip dari BMKG pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Baca Juga: PT KAI Persilakan Penumpang Terdampak Jalur Ambles untuk Ganti Rugi Tiket 100 Persen

Selain itu, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

"Hal seperti ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," katanya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x