Jemaah yang Bawa Air Zamzam Berkurang, Tapi Tetap Ada Temuan Jemaah Bawa Tas Kabin Berlebih

- 19 Juli 2022, 07:30 WIB
Jemaah memeriksa tas bawaannya saat akan pulang ke Tanah Air.
Jemaah memeriksa tas bawaannya saat akan pulang ke Tanah Air. /Moh Arief Gunawan/Pikiran Rakyat

PRFMNEWS - Jemaah haji yang membawa air zamzam di dalam tas bagasi dan kabin semakin berkurang. Hal itu karena jemaah sudah semakin memahami dan mematuhi aturan penerbangan.

"Saya kira penemuan di kloter Solo (koper dipulangkan) itu sebenarnya pelajaran berharga. Bahwa apapun yang dimasukkan ke dalam koper kaitan dengan air zamzam pasti akan dikeluarkan. termasuk benda-benda yang dilarang," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Arsad Hidayat, di Bandara Jeddah, Senin (18/7/2022).

Meskipun begitu, masih ada sebagian jemaah yang membawa tas kabin lebih dari satu. Saat ditertibkan, hal itu sempat mengundang protes jemaah.

Tim PPIH Arab Saudi, menurut Arsad, akan terus melakukan sosialiasi dan informasi lebih intens kepada jemaah agar saat kepulangan hanya membawa tas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Kabar Baik! Arab Saudi Mulai Buka Visa untuk Ibadah Umrah

“Kami jelaskan, saat pulang, jemaah hanya diperbolehkan bawa tas koper, tas tangan dan tas paspor. Koper maksimal 32 kg dan tas kabin makasimal 7 kg, dan tas paspor saja,” kata Arsad.

Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah ini meminta agar PPIH Makkah dan Madinah tetap mensosialisasikan hal tersebut.

“Saya akan coba sampaikan kawan-kawan di Makkah dan Madinah bahwa jemaah hanya diperkenankan membawa tiga tas saja," ujarnya.

Sementara itu, jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua akan mulai bergerak menuju Madinah pada 21 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x