Penjelasan Menkes Soal Ciri-ciri Negara Siap Ubah Status ke Endemi Covid-19, Indonesia Sudah Mengalami?

- 1 Juni 2022, 06:30 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan terkait perkembangan Pandemi Covid-19 di Indonesia Selasa, 31 Mei 2022.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan terkait perkembangan Pandemi Covid-19 di Indonesia Selasa, 31 Mei 2022. /Youtube Sekretariat Presiden

PRFMNEWS – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan ciri-ciri kapan Indonesia bisa berubah status dari fase pandemi ke endemi Covid-19.

Ciri-ciri suatu negara termasuk Indonesia dikatakan siap beralih status ke endemi Covid-19 ini disampaikan Menkes Budi saat konferensi pers pada Selasa, 31 Mei 2022 di Istana Merdeka Jakarta.

Budi mengatakan, ciri-ciri atau faktor utama yang menjadi pertimbangan kesiapan Indonesia masuk ke fase endemi Covid-19, yakni tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri masing-masing sudah tinggi.

Baca Juga: Polisi Ungkap Kasus Pencurian Modus Congkel Jendela Rumah di Tasikmalaya, Pelaku Seorang Residivis

Baca Juga: Bahan Alami yang Dapat Turunkan Gula Darah, Kata dr. Saddam Ismail

Menkes menyebut, pelonggaran kebijakan boleh tidak pakai masker di luar ruangan yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu sebenarnya jadi salah satu upaya melatih kesadaran tersebut.

Dari situlah, diharapkan masyarakat bisa belajar menyadari risiko penularan masing-masing saat berada di suatu tempat dan menentukan sendiri apakah perlu pakai masker atau tidak.

"Jika di ruangan tertutup di rumah, bersama keluarga sendiri, semuanya kita tahu sehat, ya bisa buka masker walaupun di ruangan tertutup," ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa belajar dari sejarah pandemi jadi endemi yang pernah terjadi sebelumnya, kesadaran masyarakat memang jadi ciri-ciri terpenting.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah