Update 7 Fakta Kecurangan Seleksi CPNS di 10 Lokasi, Termasuk Modus Pelaku Pasang Alat di Baju Peserta Tes

- 28 April 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi tes CPNS /Tommy Riyadi/PRFM

PRFMNEWS – Ada tujuh fakta terbaru terkait kasus kecurangan seleksi CPNS 2021 yang diungkap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Bareskrim Polri.

Tujuh fakta terbaru terkait kasus kecurangan seleksi CPNS 2021 ini antara lain, modus operandi yang digunakan, total tersangka, lokasi kejadian kecurangan, sanksi, hingga dugaan keterlibatan jaringan oknum PNS di internal Kemen PANRB dan BKN.

Fakta pertama, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo memastikan pihaknya meminta Polri memperluas penyidikan kasus kecurangan seleksi CPNS ini tanpa pandang bulu.

Untuk itu, Bareskrim Polri telah membentuk Satgas Anti KKN CPNS 2021 untuk memastikan dugaan keterlibatan oknum dari Kemen PANRB dan BKN dalam jaringan aksi kecurangan tersebut.

Baca Juga: Film Doctor Strange in The Multiverse of Madness Tidak Akan Tayang di Arab Saudi, Begini Alasannya

Baca Juga: Bupati Bogor Ade Yasin Dicokok KPK, PPP akan Beri Bantuan Hukum

“Tidak menutup kemungkinan kalau ada bukti Kementerian PANRB dan BKN terlibat jaringan tersebut. Tim Bareskrim dengan data-data yang ada dan bukti jejak digital pasti ditangkap dan diproses,” tegas Tjahjo Kumolo, dikutip prfmnews.id dari laman Kemen PANRB hari ini Kamis, 28 April 2022.

Ia menambahkan, jangan sampai proses seleksi CPNS dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ia pun tidak menampik bahwa berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada saja oknum PNS yang jadi calo berakhir ditangkap polisi.

Fakta kedua, terungkapnya praktik kecurangan, ujar Tjahjo, berawal dari aduan masyarakat dan orang tua peserta CPNS, termasuk melalui media sosial juga temuan BKN.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x