Ini Alasan Presiden Keluarkan Larangan Mudik di Tengah Pandemi Corona

- 21 April 2020, 11:46 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). /Dok BPMI Setpres.

BANDUNG,(PRFM) - Dalam rapat terbatas dengan tema "Lanjutan Pembahasan Antisipasi Mudik" melalui video conference bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju, Selasa (21/4/2020), Presiden Joko Widodo akhirnya memutusakan untuk melarang mudik bagi seluruh warga.

Dijelaskan Jokowi, larangan ini muncul hasil dari kajian dan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan. Dari hasil kajian tersebut, ternyata masih banyak warga yang bersikeras tetap mudik.

Baca Juga: Jelang PSBB, Polsek Margaasih Terus Sosialisasikan Penggunaan Masker dan Sarung Tangan

"Saya ingin langsung saja, dari hasil kajian-kajian yang ada di lapangan pendalaman di lapangan, dari hasil survei Kementerian Perhubungan disampaikan yang tidak mudik 68 persen yang tetap bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen, artinya masih ada angka sangat besar 24 persen lagi," jelas Jokowi dalam rapat tersebut, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

 Jokowi mengaku tidak ingin mengambil risiko penyebaran COVID-19 lebih luas lagi.

Baca Juga: FIFA Hadirkan #WorldCupAtHome di Youtube Sebagai Hiburan Selama Stay at Home

"Jadi dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan setelah larangan mudik ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu lalu. Oleh sebab itu saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan (larangan mudik) ini mulai disiapkan," ucap Presiden menegaskan.

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x