Ketua PP Muhammadiyah Imbau Masyarakat Tidak Tolak Jenazah Pasien COVID-19

- 3 April 2020, 14:03 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah.
Ketua Umum PP Muhammadiyah. /Media Center Muhammadiyah.

BANDUNG, (PRFM) - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengimbau masyarakat tidak menolak penguburan jenazah pasien positif virus corona (COVID-19).

Ia pun menyatakan rasa kecewa denganya adanya penolakan yang terjadi di sejumlah daerah.

“Jangan Tolak Jenazah dan Pasien Positif Corona. Pasien tersebut, adalah tetap saudara yang harus diperlakukan dengan penghormataan yang baik,” tulis Haedar di laman Twitternya, Kamis (2/4/2020).

Bahkan menurut Tarjih Muhammadiyah, kata Haedar, pasien COVID-19 meninggal dunia yang sebelumnya telah berikhtiar dengan penuh keimanan untuk mencegah dan atau mengobatinya, maka mendapat pahala seperti pahala orang mati syahid.

Baca Juga: Budayakan PHBS, Pertamina Group Bantu Wastafel di Fasilitas Umum Kota Bandung

“Jika pemerintah dan para pihak telah menetapkan kuburan bagi jenazah covid-19 sesuai protokol, maka tidak sebaiknya warga masyarakat menolak penguburan. Apalagi sampai meminta jenazah yang sudah dimakamkan dibongkar kembali dan dipindahkan,” sambungnya.

Selain itu, Haedar meminta kepada masyarakat agar bersikap dengan baik terhadap pasien yang dinyatakan positif COVID-19. Sehingga apabila pasien itu dikarantina pada satu lokasi atau karantina sendiri di rumahnya, jangan sampai warga menolak.

"Aparat setempat agar dengan bijak berikan pemahaman kepada warga dan jangan ada yang ikutan menolak," tandasnya.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x