Kasus Covid-19 Indonesia Terus Turun, Negara Lain Mulai Melonjak Lagi

- 30 Oktober 2021, 13:52 WIB
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini
Ilustrasi Covid-19. Berikut ini update data terbaru penularan virus corona di Indonesia per hari ini /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Pemerintah berkomitmen menjaga tren penurunan kasus Covid-19 di Indonesia di tengah terjadinya lonjakan kasus lagi di beberapa negara lain.

Saat ini situasi di Indonesia baik di tingkat nasional maupun provinsi secara umum terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23%. Selain itu juga terjadi penurunan jumlah kematian sebesar 16% dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, hal ini tidak mengurangi kewaspadaan Indonesia dalam menghadapi pandemic Covid-19, mengingat di beberapa negara kembali terjadi lonjakan kasus.

Baca Juga: Masa Berlaku PCR Berubah Jadi 3 x 24 Jam, Ini Syarat Terbaru Naik Pesawat

Berdasarkan laporan WHO per 26 Oktober 2021, terjadi peningkatan jumlah kasus maupun kematian di tingkat global dan regional Eropa yang berkontribusi lebih dari 50% total penambahan kasus baru dan sekitar 14% dari total kematian baru.

"Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Turki, dan Ukraina merupakan negara yang melaporkan kasus tertinggi di level global," kata Nadia dalam keterangan resminya dikutip Sabtu, 30 Oktober 2021.

Situasi global pandemi Covid-19 menjadi salah satu masukan dan pembelajaran terkait respon nasional.

Baca Juga: Virus Corona Varian Mu Belum Ditemukan di Indonesia, Kemenkes: Penyebarannya Tidak Sehebat Delta

Salah satu yang dianggap mempengaruhi peningkatan kasus di negara-negara tersebut adalah sudah dilakukannya berbagai pelonggaran dan penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x