Lewat Sabandung, Setiap Kelurahan di Kota Bandung Dapat Rp40-50 Juta

- 8 Mei 2020, 12:43 WIB
KETUA Umum FBS, Siti Muntamah Oded ditemui di Pendopo Walikota Bandung, Selasa (7/4/2020).*
KETUA Umum FBS, Siti Muntamah Oded ditemui di Pendopo Walikota Bandung, Selasa (7/4/2020).* /TOMMY RIYADI/PRFM

BANDUNG, (PRFM) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membentuk program Sangu Bancakan Urang Bandung (Sabandung) yang dimotori oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bandung.

Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengatakan dengan adanya program tersebut diharapkan dapat menjadi stimulus untuk membangkitkan rasa gotong royong dan kebersamaan warganya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, lewat program tersebut, setiap kelurahan di Kota Bandung akan mendapat anggaran sekira Rp40-50 juta selama lebih dari 2-3 bulan selama pandemi Covid-19 ini. Nantinya program ini berbasis RW, yang setiap seminggu sekali hingga dua kali warga akan diberi bantuan melalui anggaran tersebut.

Baca Juga: Seorang Pesepeda Ditemukan Meninggal Dunia di Depan Halte Bus TMB Asia Afrika

“Anggarannya kurang lebih Rp40-50 juta per kelurahan selama kurang lebih 2-3 bulan selama pandemi Covid-19. Artinya pemerintah kota Bandung sudah mengalokasikan pergeseran anggaran. Jadi bukan hanya swadaya masyarakat tapi APBD pun berpartisipasi,” ujarnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat (8/5/2020).

Namun menurutnya yang terpenting adalah inisiatif warga yang sadar akan kondisi tetangganya. Sehingga diharapkannya, tidak ada warga Bandung yang kelaparan.

“Berbasis RW, jika dikumpulkan oleh PKK RW maka itu Insya Allah akan lebih memudahkan pemerataan dan keadilan. Tetapi itu tidak wajib, yang wajib melihat tetangga kiri dan kanan untuk memastikan tetangganya berada dalam keadaan minimal bisa memenuhi kebutuhan dasarnya,” paparnya.

Baca Juga: BBPOM Masih Temukan Adanya Takjil yang Mengandung Formalin di Bandung

Diketahui, Sabandung perdana bakal dilaksanakan serentak di seluruh wilayah pada Jumat (8/5/2020) hari ini. Selanjutnya, Sabandung digelar sepekan sekali. Sedangkan waktunya tergantung kewilayahan masing-masing.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x